Gaya gesek antara ban mobil dengan jalan termasuk gaya gesek
yang menguntungkan. Dengan gaya gesek tersebut, mobil dapat melaju di jalanan.
Gaya gesek yang dialami ban mobil pada saat ban mobil
berputar dan tidak selip adalah gaya gesek statis maksimium. Gaya gesek statis
digunakan saat ini karena pada titik kontak antara ban denagn jalan tidak
terjadi selip antara satu permukaan dengan permukaan lainnya. Akan tetapi,
apabila ban mobil tesebut mulai tergelincir, gaya gesek yang muncul menjadi
gaya gesek kinetik.
Pada situasi darurat, pengemudi biasanya menginjak rem
sekuat mungkin (mengunci rem) dengan harapan mobil akan segera berhenti. Hal
tersebut sangat berbahaya karena akan menghentikan rotasi roda dan akan
mengakibatkan selip. Oleh karena itu, jangan mengunci rem karena dapat
mengakibatkan selip. Injaklah rem sedikit demi sedikit hingga kendaraan
berhenti. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan gaya gesek dan meminimalkan
jarak henti kendaraan serta dapat mengontrol arah kendaraan.
0 komentar:
Post a Comment