15 March 2017

Bahaya Mengunci Rem

      Gaya gesek antara ban mobil dengan jalan termasuk gaya gesek yang menguntungkan. Dengan gaya gesek tersebut, mobil dapat melaju di jalanan.
     Gaya gesek yang dialami ban mobil pada saat ban mobil berputar dan tidak selip adalah gaya gesek statis maksimium. Gaya gesek statis digunakan saat ini karena pada titik kontak antara ban denagn jalan tidak terjadi selip antara satu permukaan dengan permukaan lainnya. Akan tetapi, apabila ban mobil tesebut mulai tergelincir, gaya gesek yang muncul menjadi gaya gesek kinetik.
      Pada situasi darurat, pengemudi biasanya menginjak rem sekuat mungkin (mengunci rem) dengan harapan mobil akan segera berhenti. Hal tersebut sangat berbahaya karena akan menghentikan rotasi roda dan akan mengakibatkan selip. Oleh karena itu, jangan mengunci rem karena dapat mengakibatkan selip. Injaklah rem sedikit demi sedikit hingga kendaraan berhenti. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan gaya gesek dan meminimalkan jarak henti kendaraan serta dapat mengontrol arah kendaraan.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.

Blog Archive